Berbagai Penyebab Gatal-Gatal Pada Bayi

admin

Tidak cuma menjangkit orang dewasa, penyakit kulit juga bisa terjadi pada bayi. Terdapat banyak jenis penyakit kulit dengan penyebab yang berbeda-beda, dengan mengetahui jenisnya maka penanganannyapun dapat dilakukan dengan tepat.

Bayi dan balita berisiko lebih tinggi mengalami penyakit kulit, hal ini disebabkan daya tahan tubuhnya belum berkembang secara sempurna. Selain itu, kulit bayi juga terkenal lebih sensitif dibanding dengan kulit orang dewasa.

Penyebab Gatal Pada Bayi

Karena kulit bayi yang sangat sensitif, berbagai faktor dapat menjadi penyebab masalah gatal gatal pada bayi. Anda perlu mengetahui beberapa diantaranya supaya lebih berhati-hati.

1. Kulit Kering
Penyebab gatal yang umum terjadi pada bayi adalah kondisi kulit yang kering. Kulit bayi yang memiliki lebih sedikit kelenjar minyak membuat risiko gatal menjadi semakin meningkat.

Selain itu kulit kering pada bayi juga bisa terjadi karena kebiasaan yang kurang baik. Seperti terlalu sering memandikan bayi, hal ini membuat minyak alami pada kulit bayi semakin sedikit.

2. Biang Keringat
Penyebab gatal yang sering terjadi pada bayi selanjutnya adalah biang keringat. Hal ini sangat wajar terjadi karena pori-pori bayi memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan orang dewasa. Saat kulit bayi tersumbat, keringat pun menjadi lebih sulit keluar dan menyebabkan kulit terasa sangat gatal pada bayi.

3. Ruam Popok
Ruam popok adalah munculnya kemerahan bahkan bintik-bintik pada area selangkangan atau bokong bayi. Kondisi ruam kemerahan timbul di area kulit yang tertutup popok.

Ruam popok disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu lembab, sirkulasi udara yang kurang baik, dan iritasi akibat produk popok yang digunakan. Cara terbaik untuk mencegah ruam popok terjadi adalah dengan segera mengganti popok bayi yang sudah kotor atau penuh.

4. Alergi
Penyebab gatal pada kulit bayi berikutnya adalah alergi. Alergi dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti makanan, debu, bulu binatang, serbuk tanaman, dan beberapa hal lain.

Tubuh bayi melepaskan antibodi dan histamin ketika bertemu dengan pemicu alergi. Histamin inilah yang menimbulkan peradangan dibawah kulit dan membuatnya gatal.

5. Eczema
Eczema atau eksim adalah kondisi kulit yang mengalami peradangan, seperti kulit kemerahan, iritasi, kasar, dan mungkin bersisik pada bayi. Umumnya, eksim muncul pada bagian dahi, pipi, tangan, punggung, dan kaki.

Eksim tidaklah menular, jika bayi mempunyai eksim, maka hanya perlu untuk menghindari beberapa hal yang dapat memicu eksim pada bayi kambuh. Salah satu hal yang bisa memicu eksim ialah makanan yang dikonsumsi ibu menyusui.

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer