Bahaya Kegemukan Yang Wajib Anda Ketahui

admin

Kegemukan atau obesitas bisa dikategorikan sebagai penyakit yang berdampak serius bagi kesehatan tubuh. Obesitas adalah kondisi dimana berat badan tubuh telah jauh melampaui berat badan ideal dan cukup mengganggu aktivitas individu dalam kehidupan sehari-hari.

Obesitas ada yang terjadi karena pola hidup yang kurang sehat ataupun karena faktor genetic. Dimana orang tua yang bersangkutan atau keluarga yang bersangkutan memiliki ukuran badan yang jauh melampaui batas normal.

Agar kita lebih termovisi untuk menjaga berat badan dan terbebas dari kegemukan, berikut bahaya kegemukan yang wajib kita ketahui.

Bahaya Kegemukan

Menyebabkan gangguan tidur atau sleep apnea
Sleep apnea adalah kondisi dimana seseorang beberapa kali berhenti bernafas khususnya saat tidur. Kondisi ini akan mempengaruhi jumlah oksigen dalam tubuh dan memicu beberapa penyakit berbahaya seperti jantung, masalah pembuluh darah hingga stroke.

Gangguan pada persendian tertentu
Berat badan berlebihan akan membuat tumpuhan atau beban pada sendi-sendi tubuh tertentu mengalami peningkatan. Bukan tidak mungkin ini akan mengakibatkan osteoporosis khususnya untuk daerah lutut dan juga pinggang karena telah menanggung beban tubuh yang terlalu berat.

Memicu timbulnya berbagai macam penyakit kronis
Obesitas sangat berpotensi untuk menyebabkan penyakit gangguan kandung empedu, hipertensi kolesterol tinggi, liver, arthritis dan berbagai jenis kanker. Penyakit kanker yang mungkin terjadi karena obesitas adalah kanker kantung empedu, adinokarsinoma esophagus, kanker ginjal, kanker colon, kanker pancreas dan lain sebagainya.

Selain itu, kelebihan berat badan juga sangat berpotensi mempengaruhi kadar insulin yang akan memicu terjadinya penyakit diabetes serta memicu munculnya penyakit jantung. Lemak dalam tubuh juga akan menimbulkan penyakit kolesterol, kenaikan darah, serta penyumbatan arteri yang pada akhirnya akan memicu terjadinya stroke.

Penampilan kurang menarik dan membuat tidak percaya diri
Badan gemuk bagi sebagian orang terkadang bisa membuat orang tersebut merasa minder saat bergabung bersama teman-teman ataupun saat bertemu dengan orang lain. Dampak dari rasa tidak percaya diri ini cukup signifikan yaitu kita akan tidak total atau tidak maksimal dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari.

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer