Danau Singkarak, Hamparan Air Kebiruan yang Jernih

admin

Kawasan Danau Singkarak adalah se­buah danau vulkanik yang terletak di jantung Sumatera Barat dekat Kawasan Danau Kembar. Dengan pemandangan yang sangat eksotis, Kawasan Danau Singkarak layak dijadikan salah satu kunjungan wajib jika kita berwisata ke propinsi Minang­kabau tersebut.

Kawasan Danau Singkarak yang berada di Kabupaten Solok Provinsi Suma­tera Barat merupakan danau terluas kedua setelah Danau Toba yang ada di Pulau Sumatera.

Akses Lokasi
Kawasan Danau Singkarak berjarak 70 km dari Padang, 20 km dari Solok dan sekitar 36 km dari Bukittinggi. Dari bandara internasional Minangkabau, Anda dapat menye­wa mobil atau minibus umum dengan rute Padang-Solok dan kemudian mengambil transportasi lain ke Kawasan Danau Singkarak. Perjalanan ini akan membawa Anda melewati kawasan Sitinjau Laut yang terkenal dengan tikungan tajam dan curam.

Memang tak bisa dipungkiri, pemandangan di sekitar obyek wisata alam ini begitu menawan. Begitu fantastis. Mata ini tak bosan melihat hamparan air kebiruan yang jernih dengan riak-riak kecil mengiringinya. Juga, butiran pasir halus yang membentang di bibir danau.

Di tengah danau, perahu kecil milik nelayan sedang menga­rungi danau yang tenang, tempat bersemayam aneka jenis ikan. Juga hilir mudik perahu motor atau becak danau yang disewakan bagi wisatawan.

Pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang tepian danau menjadi pembatas antara daratan dan air. Bahkan beberapa sudut ada areal persawahan yang menghijau, mem­buat suasana semakin tentram. Apalagi, hamparan Bukit Barisan melatar belakanginya tanpa batas, dan dari kejahuan bisa disaksikan Gunung Singgalang dan Marapi yang berdiri gagah seolah menjaga ketenangan danau ini.

Spot Memancing Favorit
Kawasan Danau Singkarak juga dikenal sebagai tempat yang cukup menjan­jikan sebagai daerah wisata me­man­cing. Hal ini dibuktikan dengan ramainya area di seputaran Kawasan Danau Singkarak dengan para pemancing yang berasal dari kota sekitar danau maupun dari luar Propinsi Sumatera Barat.

Diantara jenis ikan-ikan yang umum dipan­cing yaitu asang, piyek, balingka, baung, dan ikan yang menjadi legenda Sasau, yang konon dapat mencapai ukuran berat hingga 8 Kg.

Lomba Olahraga Dayung
Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan adalah olah raga dayung. Lomba Dayung kerap diselengga­rakan di Kawasan Danau Singkarak, dan merupakan salah satu program pemerintah daerah setempat untuk mempromosikan Kawasan Danau Singkarak sebagai tempat wisata unggulan.

Tags

Related Post

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer